Rabu, 09 November 2011

Perangkat Teknologi Komunikasi dan Informasi

A.Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan                        
     Komunikasi
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi adalah alat yang dapat digunakan menyampaikan informasi dan dapat juga digunakan untuk melakukan komunikasi.Peralatan teknologi informasi dan komunikasi zaman sekarang ini sudah sangat maju.Hal ini  dibuktikan semua kegiatan manusia dapat di bantu dengan alat teknologi yang canggih seperti contohnya handpone untuk melakukan komunikasi,televisi untuk memeroleh informasi,komputer sebagai salah satu media bantu kegiatan manusia yang dapat di jadikan  alat untuk menyampaikan informasi maupun sebagai sarana berkomunikasi. Pada kesempatan ini akan kita bahas beberapa peralatan fisik dari teknologi informasi dan berkomunikasi yang sudah dikenal oleh masyarakat. 

1.Radio
Radio adalah salah satu alat informasi berita berupa suara atau audio yang dapat menjangkau daerah yang sangat luas. Radio termasuk pada teknologi informasi. Semua berita yang disiarkan oleh pemilik radio dapat ditangkap pada gelombang tau chanel tertentu.


2.Kalkulator
            Kalkulator adalah alat mesin hitung data berupa angka dan fungsi khusus. Kalkulator dapat digunakan untuk mnghitung data angka seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perhitungan sudut sin, cos dan tan.


3.Kamus Elektronik
            Kamus elektronik adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menterjemahkan kata-kata dalam bentuk bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia. Kamus elektronik juga termasuk pada alat teknologi modern.


4. Handphone
                  Handphone adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi melalui gelombang suara dan juga informasi pesan. Alat ini semakin marak untuk di minati konsumen dan pada saat ini masih tergolong barang mewah.

5. Komputer
                  Komputer adalah alat yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data. Dari asal kata berasal dari compute yang mempunyai arti menghitung.Komputer berdasarkan ukuran kemampuannya di bagi menjadi tig yaitu super komputer,mainframe,minikomputer.Sebuah komputer harus di dukung oleh software,hardware,brainware.Software adalh perangkat lunak,hardware adalah peralatan fisik dari komputer.Sedangkan brainware adalah pengguna komputer.

                                                                                                            
 6.Mesin Faksimile
              Peralatan yang berkembang dengn teknologi telepon yaitu faksimile.Alat ini dapat di gunakan untuk pengiriman data teks yang sama persis dengan hasilnya.Biasanya dokumen yang di butuhkan copyan dalam waktu yang singkat dapat di gunakan alat ini.


7.Televisi
Televisi berkembang setelah munculnya radio.Televisi adalah peralatan   teknologi informasi yang menyajikan audio visual.Audiovisul dapat menyajikan data gambar dan sekaligus suara.Kita dapat melihat dan mendengar semua acara maupun berita yang berada di televisi dengan baik di bendingkan dengan peralatan radio.Hal ini di sebabkan indera penglihatan dan pendengaran kita bekerjaan bersamaan,sehingga terkonsentrasi dengan baik.


8.Telepon Kabel
Telepon kabel adalah alat komuniksi yang terdapat di perumahan yang berfungsi untuk menyampaikan data berupa suara melalui kabel line kabel.Data yang ada  di salurkan dengan baik oleh kabel antara jarak yang jauh.

9.Kamera Digital
Kamera digital adalah teknologi gambar yang mempunyai kapasitas penyimpanan sangat besar.Kamera digital termasuk dalam teknologi visual yang berkembang sangat pesat.Teknologi ini untuk mengabadikan gambar kenangan atau poto sebuah laporan.Gambar yang telah kita hasilkan dapat di pindahkan ke dalam komputer dan di cetak dengan printer.Bahkan bila di tambahkan kartu memori juga bisa di gunakan untuk sohtting video dalam waktu durasi 20 – 40 menit.

10.Teknologi Handycam
Handycam adalah teknologi kamera video yang dapat kita bawa kemana-mana,karena bentuknya kecil dapat kita pegang dengan satu tangan dan ringan.Teknologi ini bisa digunakan untuk video audiovisual yang bergerak aktif.Dapat pula  di edit dengan komputer untuk diberikan input suara yang kita inginkan.

B. SEJARAH KOMUNIKASI DAN SEJARAH ALAT HITUNG
      Perjalanan teknologi dari jaman dahulu mempunyai masa-masa tertentu sampai bisa berkembang hingga sekarang ini. Sejarah komunikasi dan sejarah alat hitung :
1.      Sejarah Komunikasi
Terwujudnya alat komunikasi hingga saat ini mengalami sejarah yang cukup panjang. Sejarah perjalanan komunikasi pada jaman dahulu hingga saat saat ini sebagai berikut :
a.       Penduduk asli Amerika dahulu menggunakan asap untuk mengirimkan pesan yang bisa terlihat beberapa mil-jauhnya
b.      Pada abad ke-18 di Prancis palang-palang kayu di atas tiang yang tinggi disepanjang negeri untuk mengirim sinyal hingga ratusan kilometer.
c.       Pada tahun 1797 Clude Chape menemukan semafor dan masih sering digunakan oleh angkatan laut untuk mengirimkan pesan antar kapal.
d.      Pada tahun 1838 seorang warga Amerika bernama Samuel morse menemukan sebuah kode berupa kilatan-kilatan panjang atau pendek dari arus listrik sering disebut titik dan garis. Kode ini bisa mengirimkan pesan melalui kawat atau kilatan cahaya.
e.       Pada tahun 1870-an seorang bangsawan skotlandia bernama Alexander Graham Bell menemukan telepon. Dalam kurun waktu lima belas tahun terdapat hampir 140.000 pemilik telepon yang berada di Amerika Serikat.
f.       


Guglielmo Marconi menemukan radio atau perangkat elektronik tanpa kawat pada Tahun 1899. Stasiun melalui gelombang radio tak terlihat yang kemudian diterima oleh antena.
g.      Seorang warga Skotlandia bernama John Logie Baird menemukansistem televisi pda awal 1926. Gambar pada televisi dapat terlihat melalui kawat dan udara. Penangkapan gelombang melalui udara, sedangkan pemasangan TV kabel dengan menggunkan alat penghubung.
h.      Dengan menggunakan telepon genggam kita bisa berbicara secara praktik dimanapun kamu berada. Suara dibawa gelombangradio yang disebut dengan gelombang mikro dengan melewati antena-antena yang lain sampai gelombang mencapai telepon yang kamu hubungi. Beberapa antena berada di satelit ruang angkasa.


2.      Sejarah Alat Hitung
Perkembangan dan kemajuan berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang dipaparkan dari sederhana hingga modern sebagai berikut :
a.       Pada zaman dahulu orang-orangIndian menggunakan simpul pada tali sebagai lambang bilangan dengan simpul khusus. Alat simpul ini sering disebut dengan kuipu dan ada juga dengan batu kerikil menulis dipohon dengansatu keratan untuk menghitung ternak mereka.
b.      Ditemukan alat hitung yang dinamakan dengan sempoa. Sempoa paling tua ditemukan di Mesopotamia di pulau silamis. Alat ini digunakan untuk menghitung dalam perdagangan para pedagang cina.
c.       Seiring dengan perkembangan waktu dan ditemukannya lambang bilangan alat hitung semakin pesat dengan berbagai kemajuan. Dengan tulang-tulang napier orang zaman dulu melakukan perhitungan dengan logaritma.Pada tahun 1617 John Napier dari Skotlandia menggunakan tulang belulang untuk memperagakan operasi hitung pembangian dengan cara pengurangan dan operasi perkalian dan pemjumlahan.
d.     


Pada tahun 1642 Blaise  Palsca memuat mesin hitung numeric yang pertama di Paris.
e.       Pada tahun 1673 membuat mesin hitung mekanis yang dapat memuat operasi perkalian,pembangian,penjumlahan,dan pengurangan .
f.       Kemudian semakin berkembang dengan pesat munculnya alat hitung digital yng dinamakan dengan  kalkulator.
g.      Alat hitung ini kemudian berkembang pesat hingga dihasilkan kalkulator fungsi khusus seperti sinus,cos,tan.
h.      Pada tahun 1822 di  merancang sebuah Difference Enggine untuk menghitung logatrima yang kemudian dilanjutkan rancangan Analytical   Engine yang menjalankan instruksi dari kartu berlubang.Mesin itu merupakan komputer segala tujuan pertama.


C.Membedakan Berbagai Peralatan Komunikasi
              Peralatan komunikasi adalah media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara satu orng dengan orang lain.Contoh alat komunikasi yaitu seseorang dapat menggunakan handpone dan juga telepon.Pada zaman dahulu orang melakukan komunikasi menggunakan alat yang sederhana.Perbedaan antara peralatan teknologi zaman dahulu dan zaman sekarang :
  1. Alat komunikasi jaman dahulu
Peralatan komunikasi jaman dahulu masih sangat sederhana sekali. Orang-orang melakukan komunikasi dengan benda apa adanya. Sebagai contoh kentongan digunakan untuk mengumpulkan warga. Cara-cara berkomunikasi pada zaman dahulu antara lain dengan cara sebagai berikut:
a.       Memukul batu dengan perulangan tertentu sebagai suatu tanda berkumpul.
b.      Menggunakan pena bulu angsa untuk menulis surat, kemudian berkembang menggunaka  pena celup.
c.       Menggunakan alat yang berasal dari kayu untuk memanggil orang lain contohnya kentongan. Ada pula menggunakan angklung untuk kegiatan masyarakat.
d.      Orang berteriak keras.Karena belum adanya teknologi jaman dahulu orang berteriak keras untuk memanggil teman ataupun saudara.
                                                              i.      Mengirimkan burung merpati untuk menyampaikan pesan.Salah satu media yang sering digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan yang agak jauh adalah burung merpati.
e.       Menggunakan asap untuk mengirimkan pesan.Alat komunikasi yng dilakukan oleh pendalaman Afrika sering menggunakan asap untuk menyampaikan pesan kepda orang lain .Asap ini akan terlihat dari jarak jauh.
f.       Menggunakan bendera untuk menyampaikan pesan.Pada zaman dahulu orang menyampaikan pesan dengan menggunakan bendera.Bendera dikibarka ndengan arah tertentu akan dijadikan pedoman bagi orang lain yang melihatnya.Salah satu teknik penyampaian yang terkenal adalah simaphore.





  1. Alat komunikasi masa sekarang ini
Berbagai alat komunikasi yang berkembang sekarang ini sudah menggunakan teknologi yang tinggi. Cara-cara berkomunikasi pada sekarang ini antara lain dengan cara sebagai berikut :
    1. Intercom salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi dari jaman modern dalam lingkup kecil.
    2. Menggunakan HT yang dilengkapi dengan sumber arus dan gelombang tertentu.
    3. Penggunaan telepon kabel untuk berkomunikasi dengan jarak yang jauh menggunakan satelit sebagai penghubung.
    4. Munculnya teknologi telepon kemudian diikuti dengan ditemukannya mesin fakx modern memanfaatkan komputer untuk mengubah citra menjadi sandi canggih yang dapat dikirim dengan cepat dan terpercaya melalui saluran telepon biasa.
    5. Menggunakan handphone / telepon genggam pesawat tanpa menggunakan kabel untuk berkomunikasi melalui pembicaraan maupun pesan singkat ( SMS ). Hndphone juga sering digunakan untuk mengabadikan peristiwa tertentu dengan kamera yang sudah terpasang.
    6. Menggunakan internet sebagai sarana berkomunikasi net meting dan video conference. Berbagai perkembangan informasi dibidang teknologi membawa beragai dampak kemajuan disegala bidang. Kita bisa mengakses informasi dengan internet / yang sering disebut dengan dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar ya sobat dan juga kritikan anda karna itu sangat membangun saya...